Rabu, 10 April 2013

sejarah perkembangan hardware untuk menunjang windows 7


Minggu, 13 Mei 2012

Komponen / Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya

Mungkin postingan semacam ini sudah sering anda baca dan lihat di berbagai blog. Namun apa salahnya jika saya memposting kembali Komponen / Bagian-bagian CPU dan Fungsinya untuk berbagi pengetahuan kepada khalayak umum. iya kan? hehe
Baik langsung saja pada pembahasan.



CPU (Central Processing Untit) adalah induk atau pusat pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubng satu sama lain. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam CPU secara umum adalah sebagai berikut :

1. Casing



Casing Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainyaMelindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.


2 . Motherboard


Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

3 . Prosessor

Prosessor secara garis besarnya merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.
4 . RAM

RAM (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.


5 . VGA

VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor.



6 . Sound card

Sound card berfungsi sebagai prosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.



7 . Harddisk

Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapsitas harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dopasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera. Fungsi dari harddisk adalah sebagai tempat penyimpanan data.


8. Power supply

Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.
Power supply dibedakan atas daya yang dimiliki, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembangan mengikuti perkembangan teknillogi komputer.


9. Optical disk drive

Optical disk drive lebih banyak dikenal dengan sebutan CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.


Yups mungkin itulah postingan mengenai Komponen / Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya. semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.



 kami mencoba me-review Toshiba Satellite A505-S6005 ini. Seperti kebanyakan produk toshiba yang lain, warna hitam mengkilap masih menjadi ciri khas dari notebook ini.
Seperti yang kami katakan diawal, notebook ini cukup besar bila dibandingkan dengan notebook yang lain. Layar selebar 16 inch yang mengusung teknologi TruBrite dengan resolusi maksimum 1366×768 pixel plus dukungan penuh terhadap High Definition Video (HDv) film 720p yang memungkinkan anda untuk melihat film dengan kualitas yang lebih tajam.
Bentuknya yang tebal dan berat mencapai 4.25 kg membuat toshiba notebook ini tidak cocok untuk anda yang punya mobilitas tinggi karena akan merepotkan bila anda membawanya kemana-mana dan sedikit menjadi beban jika anda menempatkannya di bagasi mobil anda. Melihat kondisi tersebut, sepertinya notebook toshiba ini dibuat untuk menggantikan perangkat desktop PC anda yang masih memungkinkan untuk dipindah jika diperlukan. Continue reading

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP

  
Windows 7 Style Theme untuk Windows XPSemua dari kita pasti sudah mengetahuinya, kalau setiap operating system baru dari microsoft akan mengalami banyak perubahan baik tampilan, kecepatan, kestabilan, keamanan dan fitur lainnya. Begitu juga dengan Windows 7, telah mengalami banyak perubahan dari sistem operasi sebelumnya. Perubahan yang paling menonjol ada pada sisi tampilan luar yang lebih interaktif dari sebelumnya.
Jika anda ingin menikmati tampilan dari Windows 7, anda harus membeli OS Windows 7 dari Microsoft yang tentunya sekaligus menyiapkan budget tambahan guna membeli hardware baru karena Windows 7 mensyaratkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari Windows XP. Bukan pilihan yang menarik jika anda membeli OS Windows 7 hanya sekedar untuk coba-coba tanpa pertimbangan yang lain. Continue reading »

Windows Experience Index di Windows 7

  
Di setiap artikel review desktop PC, notebook atau notebook yang telah kami buat, kami selalu menyertakan Windows Experience Index sebagai salah satu referensi untuk menilai kinerja keseluruhan hardware.
Bagi seorang Staff IT, Windows Experience Index merupakan istilah biasa pada windows. Tetapi bagi orang awam, istilah tersebut bisa jadi sebuah istilah asing yang jarang terdengar. Mungkin juga anda baru pertama kali mendengar istilah tersebut.
Jika ingin lebih memahami apa itu Windows Experience Index, fungsinya apa, cara kerjanya bagiamana dan aspek yang lain, lanjutkan baca artikel menarik berikut ini: Continue reading »

Instalasi dan Konfigurasi Web Server IIS pada Windows Server 2008

Jun 1, 2011 by Yusuf Kurniawan Under Tips & Trik - 9 Comments  
Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tahun 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server “Longhorn”

Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antara Windows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu. Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista, karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Continue reading »

Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang

Aug 19, 2011 by Adelphia Under Tips & Trik - 55 Comments  
Pada Artikel sebelumnya  mengenai Download Google Books secara gratis, ada beberapa orang yang bertanya kepada Fastncheap dengan pertanyaan “ Bagaimana cara melakukan Update SP 1 pada Windows 7 tanpa melakukan Install ulang? ”. Bila harus kami jawab dalam Box komentar, maka jawabannya bisa sangat panjang.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membuat artikel mengenai installasi SP 1 ke dalam Windows 7. Ada sedikit hal yang perlu ada ketahui bahwa proses installasi windows 7 membutuhkan waktu yang agak lama, apalagi kalau spesifikasi komputer atau laptop anda di bawah spesifikasi minimum

Tweaking Windows Menggunakan Software Gratis

  
Komputer kita yang berbasis sistem operasi Windows sejak awal penggunaannya sudah dirancang oleh pabrik pembuatnya agar bekerja optimal sesuai kriteria dan standar yang ada. Namun, bagi mereka yang ingin lebih mengoptimalkan fungsi-fungsi tersembunyi dari Windows dapat melakukan sedikit tweaking atau memodifikasi fungsi tertentu agar optimal kinerja Windows sebagaiman mestinya atau bahkan meningkatkan performa komputer kita yang mulai terasa lamban.
Tweaking Windows
Berikut beberapa langkah mudah yang bisa lakukan sendiri secara manual di rumah. Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja Komputer:

Mengenal Windows XP Recovery Console

  
Windows XP Recovery Console adalah utility yang terdapat pada CD installer Windows XP yang dapat kita gunakan untuk melakukan perbaikan atau troubleshooting sistem komputer ketika windows tidak dapat melakukan startup bahkan ketika kita telah menjalankan windows via safe mode.
Hal ini misalnya terjadi ketika windows mengalami crash atau terkena virus. Dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara mengakses atau instalasi Windows XP Recovery Console   dan perintah-perintah apa saja yang bisa kita pakai menggunakan utility Recovery Console ini. Continue reading »

Cara Mempercepat Booting Windows 7

 
Cara Mempercepat Booting Windows 7Waktu booting (boot-time) yang cepat tentu menjadi idaman setiap pengguna laptop/komputer. Memang, sudah menjadi hal yang alamiah bahwa seiring berjalannya waktu boot-time menjadi semakin lambat. Bila Anda pengguna Windows 7 dan merasa boot-time Windows Anda mulai lambat, jangan khawatir. Saya akan berbagi mengenai tips & trik supaya boot-time Windows Anda menjadi lebih cepat.
Sebelumnya, kita perlu mencari cara untuk menghitung boot-time secara akurat. Tentu saja kita bisa menggunakan jam tangan untuk keperluan ini, namun ada cara yang lebih akurat lagi. Pertama adalah menggunakan aplikasi yang bernama Boot Racer. Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk menghitung boot-time Windows. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi yang saya capture dari laptop HP saya sendiri

Read more: http://blog.fastncheap.com/search/spesifikasi-hardware-pada-sistem-operasi-windows#ixzz2Q7KEowTZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar